Secercah Informasi Melalui Media Online

6 Jenis Tanaman Hias Sekolah yang Cantik dan Cocok Ditanam

6 Jenis Tanaman Hias Sekolah yang Cantik dan Cocok Ditanam

Lingkungan sekolah merupakan tempat berlangsungnya pembelajaran dalam suatu proses belajar dan mengajar. Kenyamanan dari lingkungan sekolah tersebut sangat berpengaruh baik secara langsung maupun tidak langsung. Tentunya lingkungan sekolah sebaiknya bersifat nyaman, aman, bersih, dan asri. Apabila lingkungannya kotor dan gersang, murid dan guru dapat merasa tidak nyaman dan proses belajar mengajar dapat terganggu.

Untuk menciptakan lingkungan yang nyaman, sekolah tentunya akan melakukan berbagai hal. Beberapa di antaranya adalah rutin membersihkan sekolah, serta menanam tanaman di lingkungan sekitar. Penanaman tanaman tidak hanya dapat di lakukan di halaman sekolah, namun dapat juga menggunakan pot gantung yang dapat ditempatkan di koridor, teras, tempat parkir, dan sebagainya.

Selain dapat membuat sekolah menjadi lebih nyaman, sejuk, dan asri, penanaman tanaman dapat menjadi media edukasi untuk para murid. Tanaman hias dapat diberikan keterangan berupa nama tanaman, nama ilmiah, serta keterangan lainnya yang sekiranya dibutuhkan. Tidak hanya dapat mengetahui jenis tanamannya, para siswa juga dapat mengerti mengenai pentingnya tanaman di sekolah.

5 Jenis Tanaman Hias Sekolah

Tanaman yang ditanam di lingkungan sekolah, pada umumnya bermacam – macam tergantung dari keinginan sekolah tersebut. Namun seringkali yang ditanam merupakan tanaman hias sehingga sekolah menjadi asri dan juga cantik untuk dilihat. Terdapat berbagai macam tanaman hias sekolah yang dapat ditanam. Berikut ini adalah beberapa tanaman hias yang cocok untuk ditanam di sekolah:

  • Bunga Mawar

Siapa yang tidak kenal bunga mawar? Bunga mawar merupakan tanaman hias yang tidak akan pernah gagal mempercantik suatu tempat, begitu pula di lingkungan sekolah. Tanaman dengan nama ilmiah Rosa sp. ini terdiri lebih dari 100 spesies dengan warna yang bermacam – macam. Beberapa warnanya adalah putih, merah, merah muda, kuning, dan sebagainya.

  • Bougenville

Selanjutnya adalah tanaman hias yang tidak kalah popular, yaitu bougenville. Tanaman hias dengan nama ilmiah Bougainvillea ini merupakan tanaman yang biasanya tidak bisa berdiri tegak. Meskipun begitu, tanaman ini memiliki bunga – bunga indah berwarna cerah yang akan mempercantik lingkungan sekolah. Bougenville juga biasanya disebut dengan “bunga kertas” karena bunganya yang tipis seperti keras.

  • Kamboja Jepang

Bunga ini merupakan bunga berwarna merah yang memiliki nama ilmiah Adenium. Bunga kamboja jepang sesungguhnya bukan berasal dari Jepang, melainkan dari Asia Barat dan Afrika. Bunga kamboja jepang ini terbagi menjadi dua jenis, yaitu bunga kamboja jepang arabicum (Adenium arabicum) dan bunga kamboja jepang obesum (Adenium obesum). Keduanya merupakan tanaman hias cantik yang dapat anda tanam di lingkungan sekolah.

  • Bunga Terompet

Bunga terompet merupakan nama yang diberikan kepada tanaman bernama ilmiah Allamanda karena bentuknya yang seperti terompet. Umumnya bunga terompet berwarna kuning, namun seiring dengan perkembangan teknologi, bunga terompet sering kali disilangkan sehingga menghasilkan berbagai macam warna. Warna – warna tersebut di antaranya adalah putih, merah muda, ungu, dan oranye.

  • Bunga Kembang Sepatu

Bunga kembang sepatu, atau tanaman dengan nama latin Hibiscus rosa-sinensis L. merupakan tanaman semak dari suku Malvaceae, Asia Timur. Bunga ini dapat berupa bunga tunggal yaitu daun mahkotanya selapis, dapat juga berupa bunga ganda sehingga daun mahkotanya berlapis. Warna dari bunga kembang sepatu bermacam – macam, diantaranya adalah merah, merah muda, kuning, oranye, dan putih.

  • Bunga Asoka

Bunga asoka merupakan bunga yang paling sering ditemui di lingkungan sekolah karena bentuknya yang sangat cantik. Di Indonesia, terdapat dua jenis bunga asoka, yaitu Polyalthia Longifolia dan Polyalthia sp.. Selain sebagai tanaman hias, ternyata bunga asoka juga dapat dimanfaatkan untuk mengobati luka memar. Caranya adalah dengan merebus bunga asoka kemudian ditambahkan mawar kering serta umbi daun dewa.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *